Suatu Akhir 4 Jalan yang Terjalin

Bismillahirahmanirahim ❤

Hari ini aku liat pengumuman hasil penjurusan di Fakultas ku (Fakultas Farmasi) ada 4 jurusan yaitu
a. Farmasi Sains teknologi
dimana penekunnya adalah mahasiswa2 berjiwa penemu obat baru dan peneliti, penyintesis senyawa terapetik.. yg niat masuk sini biasanya anak cerdas dan berkemauan keras

b. Farmasi Industri
yang isinya anak2 yang berorientasi kerja di Industri Farmasi atau sebidang, yang mempelajari undang2 perindustrian, praktikumnya paling sedikit (katanya) dan isinya rata2 anak cowok

c. Farmasi Bahan Alam
berisikan mahasiswa pecinta obat herbal tradisional atau semacamnya, yang pinter2 ekstrasi senyawa dari tanaman dan praktikumnya paling banyak >< tapi mereka bisa buat lipstik, parfum, sabun dkk gitu lho

d. Farmasi Klinik Komunika
menurutku isinya anak2 yang bisa jadi pny ambisi ke fakultas sebelah sebelumnya atau sangat cinta dg profesi farmasi yang berperan di rumah sakit, klinik atau puskesmas.. atau apotek sendiri. Suka interaksi dengan pasien dan semacamnya

itu pendapat pribadi jadi jangan dipercaya 100% hehe

5 semester sebelum penjurusan kami akan di blend tanpa pikir minat penjurusan (karena kita juga blm tau mau menjuruskan kemana waktu masih anak fresh-graduate dr SMA)

Awal pengkelasan di tahunku adalah berdasarkan cara masuknya, mau lewat SBM atau SNMPTN atau UM .. sedikit sangar sih pengkastaannya, tapi Its ok for me

aku anak SBM jadi aku di kelas C

setalah mengalami perubahan susunan absen karena banyak anak kelasku hijrah ke ST*N atau U* atau bahkan di Univ di LN,  aku akhirnya kebanyakan berkelompok praktikum ria dengan 3 orang yang latar belakang kami beda-beda.. dan hebatnya aku dan mereka sekarang dipisahkan di 4 jurusan yg beda2 juga.. artinya jiwa kami emg beda.

aku diam2 adalah anak melankolis yg sebenernya hubungan interpesonalnya lebih dalem sama orang-orang yang currently actually prensently ada di dekatku, itulah sebabnya aku merasa ada keterikatan batin sama 3 mahluk ini.. karena kami mau ga mau bakal ngerasain apa aibnya si A apa kekurangannya si B, gimana rasanya dijutekin sama A gimana rasanya marah sama si B gitu..
that’s the only ‘what’ make us close..
karena bisa jadi kami ini bener2 beda.. beda pemikiran, beda prinsip, ada yg beda agama, beda manhaj hahaha

gini deh rasanya kepaksa deket sama yg beda prinsip karena kebutuhan perkuliahan duniawi yang saling overlap, mau g mau kita kudu nyambung biar tugas laporan cepet selese, kuliah cpt selese, waktu bisa dihemat dsb meski itu berarti kita saling menyembunyikan sisi tajam pedang dihadapan yg lain, maksudnya kutub2 perbedaan prinsip kita sebisa mungkin kita saling sembunyikan dan kita berusaha nyambung di bagian yg bisa dihubungken.. mbuh piye carane (haha) mencari ketercocokan dan menghub2 hubungan yang ga nyambung hahaha, tpi kita nyambung kok ! (y)

frien

karena komposisi waktu, tempat, takdir, personality, umur dan tanggungjawab kita akhirnya saling berkawan baik 2,5 tahun terakhir ini..

 

kembali lagi aku kasih tau meski kalian ga mau tau (hehe), aku ini melankolis, sangat interpersonal yang kekinian, dg siapa aku banyak deket saat itu, dg dialah aku membangun banyak keterikatan dan rasa memiliki.. (memiliki saudara memiliki kedekatan) meski aku mungkin paling ga keliatan begitu (jaim) dan orang2nya yang kumaksud ga ngerasa kayak gitu jg ke aku.. (I know it)

inilah orang2 itu, aku mau mengabadikan mereka di blogku siapa tau mereka baca (ga mungkin kali ya), sehingga mereka tau aku pernah menyayangi mereka tapi tak terkata, dan aku juga memperhatikan mereka tapi tak teraba.. begitulah, aku sedang memperjuangan tegaknya prinsipku di agamaku jadi beginilah warna persahabatan kita. hehe,

World.. please meet them (urut absen ya)

a. …/349238/FA/09684. Edward Laurent Oktavianus

panggilannya Eed, ngakunya pernah dipanggil Elo (dari singkatan namanya kali ya, waullohu’alam) agamanya.. oke aku ga pernah tanya langsung (sensitif banget) kata Antok (the other person in this group) dia Budha tapi.. nasrani. aku ga paham.
(maaf ed, aku ga maksud apa2..)
Agamaku agamaku, agamamu agamamu sih ya jadi aku kentel di prinsip itu, berhub agama sendiri aja aku ga bener2 jadi aku ga mau ngerecokin yg lain.

unexpectedly I say we get along really well.
Meski get along nya di hal paling ga penting semacam nge game di game otak atau game yg butuh mikir. Dia itu cerdas, dia punya skor TOEFL paling tinggi di angkatanku. dan saat praktikum kita lagi ‘plain-time’ alias gabut, dia paling sering ng game terus berkonsultasi dg ku gimana jawabannya, aku bukan orang cerdas, tapi aku suka nganalisis sesuatu makanya dia suka tanya sama aku atau anto yg lebih sering dikorbanin jadi penasihat-game, cinta, dan urusan organisasi (emm).

emang diawal dia hobi banget neglected our task.. dan semacamnya.. dia sendiri sadar dan minta maaf, jadi aku ga begitu kepikiran soal itu.
tipe orang yg hidupnya messy dan ga teratur tapi karena dia cerdas jadi kebantu banget. Dan aku tahu dia sadar itu.

punya adek perempuan lucu.. orangnya qonaah utk ukuran orang Chinesse, tapi gaya hidupnya bs jadi agak menengah ke atas.. aku ga tau..
dia masuk FI, awalnya aku pikir semua cowok chinesse bakal masuk situ, dan wajar karena mereka ada orientasi khusus disana, (dia malah ngaku terang2an) tapi dia bs ngebawain itu dengan nonjok banget ke aku :
Eed : kamu mau masuk jurusan apa fik?
Aku : Mungkin FBA (aku dulu pingin kesitu)
Eed : oh
Aku : Kamu?
Eed: FI kayaknya aku galau FI atau FST
Aku : Ah ya, aku paham
dan gatau kemana arah obrolan kita, akhirnya aku langsung cerita aku ga ada orientasi cari uang di masa depan maunya ngurusin anak aja.
Eed bilang : kalau cowok apa ya mau mikir kayak gitu fik?

dan itu mengubah cara pikirku sedikit..

that’s Eed.. yg seharusnya manggil aku kakak karena aku lebih tua 1 bulan.. (gak ngarep) meski aku paling pendek.. (no commento_) please be smart like him.

b. …/349239/FA/09685 Nadhifatul Nur Hikmah
namanya cantik beud kan ya? kan ya? orangnya juga kok, senyumnya itu lho.. rajin banget dikeluarin.. hehehe
dia itu cerdas juga kayak Eed, tergolong cepet ngapal, cepet nulis, cepet ngitung.. tapi over-polosnya.. jadi sering jadi bahan bullyan eed atau anak golongan..
tapi yakin.. aku tau setiap jiwa punya hati jadi aku bukan barisan yang suka ngebully sejak SD.. meski kalau ngeramein kadang2 pernah kalau kebawa suasana.
(maap ya nans)

ohya nama panggilannya Nanung (jangan tanya deh dari mana, yg pny nama aja mungkin ga tau) atau Nans (yang bakalan sering kamu liat di buku2 mirik pribadinya biar jadi semacam label itu milik nanung)

sebenernya aku nyesel dia dipanggil nanung, cz nama lengkap-aslinya itu dah cakep banget.. !
arti namanya (sampe aku cari di kamus Munawwir coba)
Nadhifatul –> dari Nadhifah –> bersih
Nur –> cahaya
Hikmah –> drajat yg lebih baik dari adil deh kurleb

Hikmah cahaya yg bersih.. (adem aku nulisnya)

oleh karena itu dibanding nama anggota lain di grup ini, aku paling suka nulis nama Nans pake nama lengkap selengkap mungkin waktu ngumpulin tugas. Biar jadi sekalian doa buat tugas yg dikumpulin itu hehe aku berusaha manggil dia nadhifah biar bagus artinya sekalian tapi ga istiqomah deh

Aku pernah numpang bobo di kostnya.. kamarnya rapii~ ><

Nans adalah stationary berjalan, tepatnya untuk bolpen, bolpennya itu cetar2 warnanya tapi tetep aja suka ngilanng (sabar ya nans)

dia yg suka bawa kertas sgala ukuran (Syarahnya = A4 sma F4), bawa label, bawa kalkulatornya yg bergambar SuJu (Adooh), Tipe-ex dll utk kelompok kita

kalau ngerjain lap. yg di tulis tangan dia paling jago, alias cepet selesai. paling rajin minggu pertama udah dikerjain aja..

tulisannya itu khas dan ga berubah2 (ga kayak tulisanku)
orang nya sabaaaaaarr.. sasugane… dia suka dibully tapi ga bs marah dan ga jago bales

orang yang golongan aku musti banyak minta maaf sama dia.. (hehe_)

dia itu kakak paling tua di keluarganya, adeknya kalau g salah ada cewek sama cowok, yg cowok masih keciil >< ibu bapaknya nikah muda tergolongnya jadi waktu mbandingin umur ortuku sama dia, beda jauh (sasugane.. – -)

dia itu awalnya kayak takut sama aku, mungkin karena aku jaim. Tapi akhirnya aku keluar karakter aslinya, dan dia juga mulai terbuka, tapi aku ttp yakin dia selalu jaga jarak sama aku, itu kerasa banget sih

aku paling berharap kita bs deket karena dia temen cewekku satu2nya di kelompok ini, tp emang ga semudah itu.. aku sama dia beda dunia..
sebagaimana aku dg anto dan edward.. kami beda dunia..

dan dia emang ga menutupi perbedaan cara pandangnya thd suatu masalah dg cara pandang aku itu malah yang aku suka… jd aku tahu apa yg sebenernya mereka pikirkan..

dia adalah maknae kelompok kita, the only 96’an lahirnya.. bulan maret.. bulan musim semi.

semacam eed yang mantan ketua senat, anto yg pernah jadi ketua baksos dan calon ketua rohis fakultas, nans itu aktif jubung dimana2 (lho?) dia aktif kepanitiaan maksudnya.. anak KMMF.. asisten praktikum di unit 2.. hmm sasugane lah

kalau 3 anak itu dah ngomongin proker acara di FA aku paling cupu, tapi aku easy-going enough to handle that trivial thing.. I support them as long as I can do it.. 🙂

That’s Nans, please be patient like her..
hehe

 

  1. …/349247/FA/09687 Devyanto Hadi Triutomo

Nama panggilannya antok (pake k nyebutnya) tapi nulisnya ga boleh pake k. Dia ngebet nya gitu dan selalu mempertanyakan kenapa orang yogya nyebut namanya suka pake hamzah begitu. (padahal dia orang sunda, dan itu otomatis dia yg suka baca akhiran pake hamzah (logatnya begitu biasanya))

 

Sebenernya diantara 3 temen yg lain antok adalah yang paling sepemikiran mungkin sama aku. Dan dia orangnya ga jaga jarak kayak nans atau eed dlm hal prinsip dan pemikiran. Bahaya emang karena dia cowok.. parah deh, emang dia bermudah2an banget interaksi sama cewek padahal bakal calon rohis amr.

 

Dia muslim dan aku ga tau bagian namanya yang mana yang bisa kutulis lengkap dilaporan karena semuanya itu… artinya.. yah begitu.. dan untuk Hadi.. nama itu ga boleh buat nama manusia, itu nama khusus Allah. Jadi aku suka nyingkat2 namanya juga di laporan. Hehe, peace tok!

 

Mahluk ini adalah yg paling tua di kelompok, the only 94’an lahirnya. Meski bulan desember juga.

Di awal2 dia adalah mahluk yg paling sering PMS kalau lagi ada masalah tapi ga mau ngomong masalahnya dimana dan ga mau ngoreksi diri (alias dia ga bercanda ngelakuinnya). Jadi paling bikin tegang kalau dia lagi gitu.. tapi setelah waktu berlalu PMSnya mulai turun dan dia kupikir jadi yg paling dewasa menyikapi masalah. Dia itu langganan asprak dimana2 pula. Paling sibuk pertama di grup.

 

Meski lebih tua diantara yg lain (umur ga pengaruh di grup kita sih) dan tergolong cowok yg rajin yang aku sampe malu deket2 dia karena aku kalah rajin dibanding cowok .. (itu irritating ya.. perlu diperhatikan) dia itu paham kapasitas orang-orang dlm kelompok, dia tahu Eed itu cerdas, jadi dia berani mengakui kalau dalam ngitung2 eed itu jago.. meski Eed suka bikin kesel aku liat Anto ga bisa marah besar ke Eed mungkin krn pertengkaran diantara laki-laki itu lebih sulit adem dan itu sama2 ga disukai sih.. tapi ni anak suka banget marah2nya ke aku atau nans.. meski dia bercanda.. itu nyebelin tok.. beneran!

 

Dia adalah manajer kita, mengatur jadwal pretest dan super rajin nemuin dosen dan asprak atau laboran untuk konsultasi praktikum (kalau dibutuhkan). Diem2 karena aku, nans, antok, edward sedosen bimbingan kuliah aku tau dikit2 pendekatan berapa IP mereka. Terang.. aku paling jelek, mungkin di awal2 aku balapan lah sama eed. Tapi kalau eed dah serius belajar aku angkat tangan.. hehehe.

 

Tapi diantara yang lain aku paling excited serius, dan antusias sama tugas kalau itu sampe ga ada yg ngerjain atau di matkul yg aku suka, jadi aku terlihat paling pinter, padahal NO WAY.

 

Dia .. aku paling gatau dia berapa saudara atau punya adek apa gak, tapi yang aku tahu dia pny kakak perempuan keknya. Waullohu’alam.

Kukira dia tipe yg kolot dan males diajak bercanda kalau lagi ngerjain tugas yang mepet deadline, tapi ga tuh, dia suka banget ngeramein candaan diantara yang lain, dah pokoknya di golongan atau kelompok lah jadinya kerjaannya sering bercanda, padahal aku kalau dah ada tugas paling males bercanda.

 

Diantara cowok yang lain yang aku juga jaga jarak sama mereka.. antok adalah yg paling bandel alias ngeyelan, dijauhin malah deketin pokoknya begitu.. makanya aku paling bisa bercandanya sama dia.. ngobrol casual, kebangetan deh fika.. kudu tobat..
Ini anak emang irritating, paling bikin down diantara yg lain karena suka marah ga kira2.. aku ini sensitif jadi suka sebel-down gitu.. tapi aku ga bisa marah balik sama orang yg udah pny jasa semacam rajin kayak dia.. jadi it get along..

 

Dia pernah minta dibenerin bacaan huruf ج nya ke aku, dan as orang sunda .. ada hamzahnya. Kentel banget.. aku ga bisa berhenti ketawa..

 

Begitulah anto.. please be dilligent like him

 

*** — *** — ***— ***

Eed masuk FI, nans masuk FBA, Aku masuk FKK, dan anto masuk FST.

Ga ada diantara kita yang bakalan sekelompok bareng lagi.. mungkin jika ga ada hal semacam sekelompokan praktikum ini, jadi kita udah ga bisa nyambung dan ngobrol lagi setiap hari kek biasanya. Mungkin aku sdh merasakan rindu sama saat2 itu, karena kita udah balance banget pembagian kerjanya.

Karena beda2 jalan karakter inilah kita jadi saling mengisi kekurangan. Tapi kalau ga dituntut sikon lagi kita bisa beda jauh banget dan ga nyambung lagi. It happen already.

 

Saran dan nasihatku.. semoga kalian bisa berhenti bercanda terlalu banyak.. hehehe.

4 diffSemoga kita bisa bertemu lagi di suatu jalan yang overlap lagi.. tapi di jalan yang baik, Allahu yahdihum..

 

Aku selalu bermimpi kita ber4 bisa sama-sama bermanhaj salaf (otomatis islam).. lalu ketika kita punya keluarga masing2 aku bisa jodohin anakku ke anak kalian.. ehehhe terus kita besanan hehehe

Cara ngiket silahturahim paling mainstream :p.

 

Hope you all live well, eat well, work well, study well.. Allahu yahdihum.. Allahu yahdihum, Allahu yahdihum ~

 

Aku ga boleh lupa doain kalian lagi.. terimakasih surat perpisahan yang dah kalian buat untukku waktu Kelas C farewell-party.. lagi2 aku ga dateng dan kalian sampe apal.. meski aku ga pernah jelasin officially, itu semata2 strategi yg sama seperti yg kalian lakukan.. menyembunyikan kutub perbedaan prinsip agar menghargai hati dan prinsip yang lain.. mungkin ga dari aku karena aku ga hikmah banget bawain prinsipku.. tapi semoga kalian suatu saat dlm hidup ini paham kenapa aku begini dan begitu..
Terimakasih atas semuanya Guys..

please remember Our moment in C2A~ Yoroshiku..

Ini akhir dari 4 jalan yang terjalin di Fase pertama.. semoga ada fase lain yang lebih baik.. aamiin. ❤

OWARI

Leave a comment